Minggu, 11 Desember 2011

UTS JAVA "Aplikasi Matematic Mobile Learning – Belajar Matematika Itu Mudah Menggunakan Java 2 Mobile Edition (J2ME)"

1 komentar
  1. PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini, anak-anak sekolah baik tingkat SD, SMP, maupun SMA bahkan Mahasiswa Perguruan Tinggi sekalipun, masih banyak yang berfikir bahwa ’Matematika’ itu sulit. Sebenarnya anggapan itu sangat sangat salah, karena matematika adalah sebuah disiplin ilmu, dan setiap ilmu pasti bisa dipelajari. Setelah beberapa ahli, meneliti mengapa kebanyakan mereka menganggap bahwa matematika sulit ternyata terletak di pembahasan suatu soal dan pemahaman nya, dan pengajar juga mempengaruhi penyampaian kepada mereka.
Hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan mengubah mainset atau pemikiran kita, berfikirlah bahwa matematika itu mudah. Selain itu, coba carilah alternative lain untuk mengerjakan soal-soal matematika yang menurut kalian rumit dengan cara kalian sendiri yang kalian anggap mudah. Matematika adalah ilmu pasti, jadi jawaban yang benar hanya ada satu. Namun cara atau jalan yang digunakan untuk menemukan jawaban itu bisa. bermacam-macam.
Oleh karena itu, saya membuat sebuah Aplikasi Matematic Mobile Learning – Belajar Matematika Itu Mudah Menggunakan Java 2 Mobile Edition (J2ME) yang bermafaat untuk menigkatkan kemampuan anak dalam belajar Matematika dan mengubah mainset atau pemikiran mereka bahwa matematika itu sebenarnya mudah dengan menggunakan media yang sudah tidak asing lagi di kehidupan mereka, yaitu ‘HandPhone’. Dengan adanya aplikasi ini, saya berharap dapat membantu anak-anak, khususnya anak-anak didik sekolah dan umumnya semua orang yang masih berfikiran bahwa matematika itu sulit dan tidak menyenangkan.
    1. Tujuan
Dalam membuat aplikasi ini, saya mempunya beberapa tujuan, antara lain adalah sebagai berikut:
        1. Menyelesaikan Tugas UTS Pemrograman Java
        2. Ingin membuat aplikasi yang interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak sekolah.
        3. Sebisa mungkin menciptakan teknik pembelajaran yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada.
        4. Mengurangi dampak negatif yang diperoleh anak dari media handphone.
        5. Maintenable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah)
    1. Pembatasan Masalah
Dalam tugas ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat Aplikasi Matematic Mobile Learning – Belajar Matematika Itu Mudah Menggunakan Java 2 Mobile Edition (J2ME). Dan yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah:
        1. Membuat aplikasi menggunakan Java 2 Mobile Edition (J2ME).
Walaupun demikian, sebenarnnya masih banyak teknik untuk membuat aplikasi dengan fitur yang lebih hebat lagi menggunakan Java 2 Mobile Edition (J2ME). Namun, karena keterbatasan pengetahuan dari penulis, maka penulis hanya membatasi pembahasan di atas saja.
  1. KONSEP dan HASIL
Konsep dari Aplikasi Matematic Mobile Learning – Belajar Matematika Itu Mudah Menggunakan Java 2 Mobile Edition (J2ME) ini yaitu menampilkan sebuah Media Pembelajaran Interaktif yang dapat dibuka di handphone secara offline oleh pengguna, sebagai media untuk memperdalam pemahaman mereka tentang mata pelajaran Matematika.
Tampilan awal dari Aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:
    1. Halaman Awal                          2. Pengenalan Mobile Learning
                      


      3. Proses Pembukaan Menu Pengertian            4. Hasil Proses
      Mobile learning
                      

       
      5. Matematic Mobile Learning PART 1      6. Hasil Prose Dari Menu Luruskan Niat
                    

      7. Matematic Learning PART 2       8. Hasil Launch Matematic Learning PART 2
                    
      9. Hasil Launch Matematic Learning PART 3    10. Hasil Proses Menu Berpikir Terbuka 
                   
      11. Matematic Learning PART 4                    12. Penutup
      (Aplikasi Pemutar Video Tutorial)
                     

      1. PENUTUP

      Demikian tadi hasil dari pengerjaan tugas UTS Pemrograman Java yang telah saya buat. Disini saya menampilkan Aplikasi Pembelajaran Matematika bagi Siswa-Siswa baik dari tingkat SD, SMP, SMA ataupun Perguruan Tinggi, agar mereka bisa lebih memahami materi-materi dasar Matematika. Dengan adanya aplikasi ini, saya berharap dapat membantu anak-anak, khususnya anak-anak sekolah dan umumnya semua orang yang masih berfikiran bahwa matematika itu sulit dan tidak menyenangkan. Semoga hasil karya saya ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pengguna karya saya. Terimakasih.
      Aplikasi ini bisa di download pada link berikut:
      download: MATEMATIC MOBILE LEARNING
      Semoga Bermanfaat…!!

One Response so far

  1. Unknown says:

    gan boleh minta source code n' tutorial pembuatannya ga?

    krm ke muhammadwukup@gmail.com

Leave a Reply